Peringkat Citra Positif Lembaga Negara, KPK Terbawah

Politik
1
Nabilah Muhamad 25/06/2024 18:27 WIB
Citra Sejumlah Lembaga Negara menurut Responden (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut hasil jajak pendapat Litbang Kompas, TNI adalah lembaga negara yang paling banyak dinilai memiliki citra positif oleh masyarakat. Hal ini dinyatakan oleh 89,8% responden.

Di urutan berikutnya ada Polri yang dinilai memiliki citra baik oleh 73,1% responden, diikuti Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 68,6%, Kejaksaan 68,1%, dan Mahkamah Agung (MA) 64,8%.

Kemudian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dinilai memiliki citra positif oleh 62,6% responden.

Menurut Litbang Kompas, penilaian itu sejalan dengan apresiasi masyarakat terhadap kinerja DPR yang tengah mengesahkan Undang-Undang (UU) Kesejahteraan Ibu dan Anak saat survei digelar.

"Isu dari pengesahan UU ini positif karena dinilai menunjukkan peningkatan perhatian pada kesejahteraan ibu dan anak," kata peneliti Litbang Kompas Yohanes Mega Hendarto dalam laporannya, Jumat (21/6/2024).

Sementara Mahkamah Konstitusi (MK) dinilai memiliki citra baik oleh 61,4% responden, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) paling rendah yaitu hanya 56,1%.

Survei Litbang Kompas ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Pengambilan data dilakukan pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%, dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

(Baca: Ini Kementerian yang Paling Patuh LHKPN)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua