Usia Makin Tua, Polri Diharapkan Makin Tegas dan Adil

Politik
1
Nabilah Muhamad 02/07/2024 14:09 WIB
Proporsi Harapan Responden terhadap Polri (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Polri merayakan hari jadinya atau HUT ke-78 Bhayangkara pada 1 Juli 2024. Pada momentum tersebut, Litbang Kompas mempublikasikan sejumlah harapan publik terhadap Polri. 

Hasil survei menemukan, sebanyak 27,4% responden menginginkan Polri agar lebih tegas dalam menegakkan hukum. Lalu 19,4% responden berharap Polri dapat bersikap lebih adil.

“Anggapan bahwa sikap adil Polri baru muncul setelah kasus tertentu disorot masyarakat dan viral di media sosial harus ditepis oleh lembaga ini,” tulis Peneliti Litbang Kompas dalam laporannya, Senin (1/7/2024). 

Ada pula 17,4% responden yang berharap Polri lebih mengayomi, lalu 17,3% ingin Polri memiliki integritas tinggi dan sikap yang lebih profesional. 

Kemudian 10,3% berharap kinerja Polri semakin baik, 6% ingin pelayanan Polri lebih cepat, dan 0,6% memiliki harapan lainnya. 

“Akselerasi reformasi kultural guna mewujudkan visi Polri Presisi yang didukung soliditas semua anggota korps dibutuhkan untuk menjawab tantangan dan harapan masyarakat,” tulis Litbang Kompas.

Survei Litbang Kompas ini melibatkan 534 responden dari 38 provinsi yang dipilih secara acak dari panel Litbang Kompas, sesuai proporsi penduduk di setiap provinsi.

Pengambilan data dilakukan pada 18-20 Juni 2024 melalui wawancara telepon. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 4,22% dan tingkat kepercayaan 95%, dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

(Baca: Peringkat Citra Positif Lembaga Negara, KPK Terbawah)

Data Populer
Lihat Semua