Masuk Radar Boikot, Bagaimana Penggunaan Spotify oleh Anak Muda RI?

Media
1
Erlina F. Santika 05/06/2024 15:36 WIB
Aplikasi Streaming Musik yang Paling Sering Digunakan Gen Z dan Milenial Indonesia (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Aplikasi streaming musik Spotify masuk radar boikot setelah pernyataannya yang mendukung Israel untuk melancarkan agresinya ke Palestina pada 18 Oktober 2023 muncul kembali ke media sosial X atau Twitter.

Sejumlah warganet Indonesia bahkan menyebut petinggi Spotify pun terindikasi mendukung Israel. Ini selaras dengan temuan akun Instagram @zionistsinmusic yang menyebut bahwa Daniel Ek, CEO Spotify, berinvestasi untuk teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) militer Israel.

Isu Spotify ramai dibicarakan mengingat aplikasi streaming musik ini marak digunakan oleh generasi Z (gen Z) dan milenial Indonesia. Ini terbukti dari dari hasil survei Populix yang dipublikasikan pada Maret 2023. 

Rinciannya, sebanyak 65% gen Z mengaku paling sering menggunakan Spotify dibanding aplikasi lainnya. Sementara ada juga 47% milenial yang menggunakannya.

Perempuan lebih banyak menggunakan Spotify. Rinciannya, 69% responden perempuan gen Z dan 50% perempuan milenial. Sementara laki-lakinya 60% untuk gen Z dan 43% laki-laki milenial.

Di samping itu, ada 51% dari 1.109 gen Z yang berlangganan Spotify Premium. Sementara milenialnya ada 51% dari 796 orang.

Di bawah Spotify ada YouTube Music yang juga kerap dipakai oleh 19% gen Z dan 33 milenial. Ketiga, Joox, sering digunakan 8% gen Z dan 12% milenial.

Resso menyusul dengan proporsi 5% gen Z dan 6% milenial. Ada juga Apple Music yang dipilih 4% gen Z dan 2% milenial.

Survei penggunaan aplikasi musik ini melibatkan 1.635 gen Z dan 1.491 milenial di Indonesia. Survei tersebar di sejumlah kota besar Indonesia di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

(Baca juga: Pelanggan Spotify Premium Global Bertambah pada Kuartal I 2024)

Data Populer
Lihat Semua