10 Game Online yang Paling Banyak Dimainkan Gen Z dan Milenial Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Erlina F. Santika 05/06/2024 17:03 WIB
10 Aplikasi Game Online yang Paling Banyak Dimainkan Generasi Z dan Milenial Indonesia (Maret 2023)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lembaga riset Populix menghimpun sejumlah aplikasi permainan/gim (game) online yang kerap digunakan oleh generasi Z dan milenial Indonesia.

Hasilnya, Mobile Legends jadi aplikasi paling laku dimainkan 49% responden gen Z dan 31% milenial pada Maret 2023. 

Di kalangan gen Z, Mobile Legends lebih banyak dimainkan oleh laki-laki, yakni 61%, sedangkan perempuannya sebanyak 32%.

Sama seperti gen Z, milenial yang lebih banyak memainkan Mobile Legends adalah laki-laki, yakni 44% sedangkan perempuan 17%.

Kedua, Candy Crush, yang dimainkan 11% responden gen Z dan 22% responden milenial. Populix menyebut, game ini paling banyak dimainkan kelompok perempuan milenial.

Di luar kedua game online tersebut, proporsinya kurang dari 10% untuk setiap generasinya.

Sebut saja PUBG yang dipilih 5% responden gen Z dan 6% responden milenial. Ada juga PES, dimainkan 4% responden gen Z dan 3% responden milenial.

Selanjutnya ada FIFA yang dimainkan 3% gen Z dan 5% milenial. Clash of Clans juga masuk dalam daftar ini, dimainkan oleh 3% gen Z dan 4% milenial.

Kemudian ada Free Fire yang dipilih 3% gen Z dan 2% milenial; Minecraft oleh 2% gen Z dan 3% milenial; Genshin Impact oleh 2% gen Z dan 2% milenial; dan Among Us oleh 2% gen Z dan 1%.

Survei aplikasi gaming ini melibatkan 1.108 gen Z dan 932 milenial di Indonesia. Survei tersebar di sejumlah kota besar Indonesia di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

(Baca juga: Indonesia Jadi Kontributor Game Terbanyak di Platform Steam se-Asia Tenggara)

Data Populer
Lihat Semua