Prabowo-Gibran Bisa Selesaikan Masalah Negara? Ini Pandangan Warga

Politik
1
Nabilah Muhamad 24/06/2024 17:25 WIB
Kepercayaan Responden terhadap Pemerintahan Prabowo-Gibran dalam Menyelesaikan Masalah Negara (Juni 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Litbang Kompas menggelar survei terkait kepercayaan publik terhadap kemampuan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam menyelesaikan berbagai masalah negara.

Hasilnya, 83,6% responden yakin pasangan pemimpin baru ini dapat meninggikan martabat bangsa Indonesia di mata dunia, serta memperkuat pertahanan negara.

"Dunia internasional diyakini akan lebih mengarahkan perhatiannya pada kekuatan negeri, baik dari sisi pertahanan negara maupun beragam potensi ekonomi yang dikembangkan," tulis tim Litbang Kompas dalam laporannya, Sabtu (22/6/2024).

Kemudian 72,4% responden yakin Prabowo-Gibran dapat menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mayoritas responden juga yakin Prabowo-Gibran mampu menangani sejumlah masalah lain, seperti merealisasikan kedaulatan pangan, meningkatkan ekonomi, hilirisasi, memberantas korupsi, dan menambah lapangan pekerjaan.

Sementara, salah satu program besar yang digaungkan Prabowo-Gibran selama kampanye, yaitu program makan gratis untuk anak sekolah, justru mendapat keyakinan paling kecil, yakni 57,3%.

Litbang Kompas menilai, besarnya kepercayaan publik terhadap kemampuan pemerintahan baru ini tak terlepas dari pandangan bahwa Prabowo-Gibran akan melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Survei Litbang Kompas ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia.

Survei digelar pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka. Toleransi kesalahan survei (margin of error) sekitar 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%, dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

(Baca: Ini Program Prabowo-Gibran yang Perlu Diprioritaskan Versi Litbang Kompas)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua