Barisan Negara yang Paling Panas di Dunia 2024

Lingkungan
1
Erlina F. Santika 21/06/2024 07:30 WIB
10 Negara dengan Rerata Suhu Tertinggi di Dunia (2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan data yang dihimpun Data Pandas, ada 10 negara terpanas di dunia pada 2024. Negara-negara yang mengantongi rerata suhu udara tertinggi ini lebih banyak berlokasi di benua Afrika.

Urutan pertama adalah Mali dengan rerata suhu sepanjang tahun menyentuh 28,3 derajat Celsius (°C). Angka yang sama dikantongi Burkina Faso. Data Pandas menyebut, lokasi kedua negara ini berada di wilayah Gurun Sahara, Afrika.

"[Lokasi ini] hanya menawarkan sedikit kelonggaran dari terik sinar matahari," tulis Data Pandas dalam lamannya yang dikutip Kamis (20/6/2024).

Ketiga, Kiribati dengan rerata suhu tahunan sebesar 28,2°C. Keempat dan kelima ada Djibouti dan Tuvalu dengan rerata suhu yang sama, yakni 28°C.

Senegal menempati posisi keenam dengan rata-rata suhu 27,9°C. Ketujuh dan kedelapan ada Mauritania dan Maldives, masing-masing sebesar 27,7°C.

Terakhir ada Palau dan Benin dengan rata-rata suhu yang sama, yakni 27,6°C.

Adapun Indonesia berada di posisi 38 global dengan rerata suhu tahunan mencapai 25,9°C.

Melansir National Centers for Environmental Information (NCEI), suhu permukaan global pada Mei 2024 mencapai 2,12°F (1,18°C) di atas rata-rata abad ke-20 yaitu 58,6°F (14,8°C). Tim riset menyebut ini menjadi bulan Mei terpanas yang pernah tercatat dan bulan ke-12 secara berturut-turut dengan suhu global tertinggi.

Suhu bulan Mei berada di atas rata-rata di sebagian besar permukaan daratan global kecuali di Amerika Utara bagian barat, Greenland, Amerika Selatan bagian selatan, Rusia bagian barat, dan beberapa bagian Antartika bagian timur.

"Sementara Afrika mengalami bulan Mei terpanas dalam sejarah," kata tim riset dalam laporan di lamannya yang dikutip Kamis (20/6/2024).

Suhu permukaan laut pun berada di atas rata-rata di sebagian besar wilayah dan mencatat rekor hangat di Samudra Atlantik tropis. Sementara sebagian Samudra Hindia bagian selatan, Pasifik bagian tenggara, dan selatan India berada di bawah rata-rata.

"Lautan global telah mencatat rekor hangat sejak April 2023," tulis tim riset.

(Baca juga: 2023 Jadi Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah)

Data Populer
Lihat Semua