Indonesia Mendominasi Daftar Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara Versi Fortune

Ekonomi & Makro
1
Nabilah Muhamad 20/06/2024 18:40 WIB
Daftar Negara dengan Jumlah Perusahaan Besar Terbanyak di Asia Tenggara yang Masuk Pemeringkatan Fortune (2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Majalah Fortune meluncurkan daftar 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara atau Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024. 

Pemeringkatan ini dilakukan terhadap tujuh negara di kelompok ASEAN, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja berdasarkan pendapatan untuk tahun fiskal 2023. 

Indonesia mendominasi daftar tersebut dengan total 110 perusahaan besar. Adapun sejumlah perusahaan dalam negeri yang menduduki peringkat teratas adalah PT Pertamina di posisi ke-3, PT PLN ke-6, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk ke-15. 

Lalu Thailand menyusul dengan 107 perusahaan, Malaysia 89 perusahaan, Singapura 84 perusahaan, Vietnam 70 perusahaan, Filipina 38 perusahaan dan Kamboja jadi yang terendah dengan 2 perusahaan. 

Pemimpin Redaksi Fortune Asia, Clay Chandler, menjelaskan bahwa daftar pemeringkatan ini mencerminkan kawasan Asia Tenggara yang dinamis dan cepat berubah. Wilayah ini juga dinilai memiliki ekonomi inti yang tumbuh lebih cepat dari Eropa dan Amerika Serikat. 

“Dengan jumlah penduduk muda yang terus bertambah sebanyak 680 juta jiwa, inflasi yang rendah, dan nilai tukar yang stabil, Asia Tenggara kini menjadi pasar yang menarik,” tulis Clay dalam laporannya, Selasa (18/6/2024).

(Baca: Persaingan Usaha di Indonesia Kian Meningkat, Capai Rekor pada 2023)

Data Populer
Lihat Semua