Pertumbuhan Penjualan Produk FMCG di E-Commerce Ramadan 2024
Produk Konsumen![1](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/2023/06/25/2023_06_25-23_11_14_acd98783da9d80149c23b4019903b29f.jpeg)
![databoks logo](https://cdn1.katadata.co.id/template/databoks_template_v2/images/rightbody.png)
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Menurut perusahaan riset pasar Compas, penjualan sebagian produk fast-moving consumer goods (FMCG) di e-commerce Indonesia meningkat pada Ramadan 2024.
Compas meriset penjualan produk FMCG di beberapa e-commerce besar dalam negeri, yaitu Shopee, Tokopedia, dan Blibli.
Riset dilakukan dengan metode online crawling atau penelusuran digital. Data yang dikoleksi berupa penjualan dari toko dengan rating 4 ke atas selama periode Ramadan 2023 dan 2024.
Mereka lantas menemukan, pada Ramadan 2024 ada sekitar 60,3 juta produk makanan dan minuman yang terjual lewat e-commerce, meningkat 27% dibanding Ramadhan tahun lalu (year-on-year/yoy).
Kemudian volume penjualan produk ibu dan bayi naik 26,9% (yoy) menjadi 10,3 juta produk, dan produk perawatan kecantikan tumbuh 5,7% (yoy) menjadi 77,6 juta produk.
Sementara kuantitas penjualan produk kesehatan turun 19,5% (yoy) menjadi 22,3 juta produk.
"Kami berharap, dengan informasi ini top brand FMCG akan lebih siap untuk merancang campaign di Ramadan 2025 mendatang," kata Narendrata, CEO dan Co-Founder Compas dalam siaran pers, Rabu (15/5/2024).
(Baca: Perawatan dan Kecantikan, Kategori FMCG Terlaris di E-commerce RI 2023)