Deretan 10 E-commerce Paling Bernilai di Dunia, Amazon Juaranya
Pasar![1](https://cdn1.katadata.co.id/media/images/2023/01/20/2023_01_20-14_09_53_bdec36a0ef356b2f8e4c2fc33ed03cea.jpg)
![databoks logo](https://cdn1.katadata.co.id/template/databoks_template_v2/images/rightbody.png)
- A Font Kecil
- A Font Sedang
- A Font Besar
Data Companies Market Cap menunjukkan, Amazon menjadi e-commerce yang paling bernilai di dunia. Ini terlihat dari kapitalisasi pasarnya yang tembus US$1,81 triliun pada Selasa (19/3/2024).
Secara kategori umum, perusahaan yang didirikan Jeff Bezos itu bertengger pada posisi enam dunia. Kapitalisasi pasar pada 2024 ini melampaui rerata 2023 yang menyentuh US$1,57 triliun. Nilai ini juga berjarak sangat jauh dengan e-commerce lainnya.
Urutan kedua ada e-commerce China yang dibangun Jack Ma, yakni Alibaba, dengan nilai kapitalisasi pasar US$184,06 miliar.
Ketiga, masih berasal dari China, yakni Pinduoduo. Kapitalisasi e-commerce ini tembus US$171 miliar.
Keempat, Shopify dari Kanada sebesar US$99,78 miliar. Posisi kelima disusul Mercado Libre dari Uruguay sebesar US$76,50 miliar.
Selanjutnya ada Meituan, Copart, Jingdong Mall, Sea, dan Coupang. Berikut rincian 10 e-commerce dengan kapitalisasi pasar terbesar dunia per 19 Maret 2024:
- Amazon U$1,81 triliun
- Alibaba U$184,06 miliar
- Pinduoduo U$171 miliar
- Shopify U$99,78 miliar
- Mercado Libre U$76,50 miliar
- Meituan U$72,08 miliar
- Copart U$53,92 miliar
- Jingdong Mall U$43,69 miliar
- Sea (Garena) U$32,90 miliar
- Coupang U$32,69 miliar
(Baca juga: Shopee Kuasai Pasar E-Commerce Produk Kecantikan di Indonesia)