Hasil Piala Asia 2023 Indonesia Vs Irak: Garuda Kalah 1-3

Olahraga
1
Cindy Mutia Annur 16/01/2024 13:10 WIB
Hasil Pertandingan Pertama Grup D Piala Asia 2023 Indonesia Vs Irak (15 Januari 2024)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari Irak pada pertandingan pertama di Grup D Piala Asia 2023. Laga tim Garuda vs Singa Mesopotamia yang berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB, berakhir dengan skor 1-3. 

Tiga gol Irak ditorehkan oleh Mohanad Ali pada menit ke-17, Osama Rashid (45+7'), dan Aymen Hussein (75'). Sementara, satu-satunya gol timnas Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-37.

Pada menit ketiga, Irak langsung mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti Indonesia usai Elkan Baggott melanggar Hussein Ali. Meski begitu, gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari selamat dari kebobolan setelah sundulan Osama Rashid pada menit keempat melenceng di sisi kiri gawang.

Irak yang terus menggempur Indonesia, akhirnya menembus gawang Ernando Ari Sutaryadi pada menit ke-17 oleh sepakan Mohanad Ali.

Delapan menit tersisa hingga turun minum, Tim Garuda akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-37 lewat gol Marselino.

Namun, jelang babak pertama berakhir, Singa Mesopotamia kembali memimpin melalui Osama Rashid pada menit ke-45+7 dengan skor 1-2 untuk keunggulan Irak. Wasit sempat meninjau Video Assistant Referee (VAR) karena ada potensi offside, tetapi gol tetap disahkan. 

Gol ketiga Irak tercipta pada menit ke-75 lewat pemain pengganti Aymen Hussein yang berebut bola udara dengan Rizky Ridho di depan gawang Indonesia. Aymen Hussein berhasil memenangkan pertarungan udara di dalam kotak penalti Indonesia sebelum melepaskan tendangan setengah voli ke bagian atas gawang untuk memperbesar keunggulan negaranya.

Adapun Irak berikutnya bakal melawan sang rekor juara Jepang di Stadion Kota Pendidikan pada Jumat (19/1/2024). Sementara, timnas Indonesia akan menghadapi sesama tim ASEAN Vietnam pada hari yang sama di Stadion Abdullah bin Khalifa.

 

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Irak

  • Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick
  • Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid, Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal, Mohanad Ali, Ali Jasim

(Baca: Inilah Daftar Negara Peraih Juara Piala Asia Terbanyak Sepanjang Masa, Siapa Teratas?)

Editor : Padjar Iswara
Data Populer
Lihat Semua